Bulan Dana PMI Wujud Kepedulian Nyata Untuk Membantu Menolong Sesama


Palang Merah Indonesia (PMI) adalah sebuah organisasi yang bergerak dalam bidang jasa sosial kemanusiaan, membantu korban bencana alam dan pelayanan kesehatan lainnya yang berpegang pada prinsip-prinsip dasar Gerakan Internasional Palang Merah dan Bulan Sabit Merah dalam menjalankan tugas dan fungsinya. Prinsip-prinsip dasar tersebut yaitu kemanusiaan, kesamaan, kesukarelaan, kemandirian, kesatuan, kenetralan, dan kesemestaan.

Sampai saat ini peran PMI semakin dirasakan kehadiran dan manfaatnya bagi kehidupan masyarakat banyak, terutama dalam bidang sosial kemanusiaan. Seperti kesiapsiagaan bantuan penanggulangan korban baik bencana alam, keadaan darurat, kecelakaan dan peperangan, pelayanan kesehatan dan transfusi darah kepada masyarakat, pertolongan pertama, pelatihan dan operasi bencana serta bantuan sosial lainnya.

Masyarakat Indonesia yang notabene negaranya banyak mengalami musibah atau bencana alam dan angka kecelakaan yang tinggi, tentu peran serta Palang Merah Indonesia sangat dibutuhkan dalam upaya pencegahan dan penanggulangannya.

Peran-peran PMI tersebut telah diakui secara luas sebagai organisasi kemanusiaan yang mampu menyediakan pelayanan kepalangmerahan yang efektif dan tepat waktu, terutama kepada mereka yang paling membutuhkan, dalam semangat kenetralan dan kemandirian. Di era globalisasi dan dalam suasana yang semakin demokratis saat ini, maka PMI harus semakin mempersiapkan diri sebaik-baiknya terutama sebagai stakeholder yang dapat berperan aktif di dalamnya.

Untuk dapat berperan aktif tersebut, tentu dibutuhkan alokasi dana dari pemerintah dan masyarakat. Kita semua tahu kegiatan operasional PMI dalam menjalankan  tugas dan peran tersebut tentu sangat banyak, tidak hanya terkait dengan transfusi atau donor darah saja, melainkan juga ada sosialisasi donor darah, pelayanan dan perbaikan ambulans  hingga  rumah sakit lapangan, pemberian paket sembako dan dapur umum di lapangan saat terjadi bencana. Selain itu PMI juga memberikan pelayanan dukungan psikososial bagi korban terdampak bencana, pelayanan pemulihan hubungan keluarga, pembinaan generasi muda dan relawan, membantu ketersediaan dan pengolahan air bersih, dan diseminasi kepalangmerahan serta banyak lagi.

Secara naluri relawan PMI akan selalu siap, peduli dan turun untuk membantu masyarakat dan sesama. Namun PMI juga ingin mengajak kita semua untuk membantu dan peduli terhadap sesama dengan mendonasikan dana atau sebahagian dari rezeki kita sehingga lebih banyak masyarakat yang membutuhkan dapat terbantu.

Untuk itu bagi pemerintah dan masyarakat yang ingin berpartsipasi membantu program-program PMI, dapat mengirimkan bantuannya di Bulan Dana PMI  melalui nomor rekening PMI yakni:

1. Bank BCA Kantor Cabang Utama Thamrin Nomo Rekening : 206-38-1794-5 atas nama PMI DKI JAKARTA Panitia Bulan Dana PMI Provinsi DKI Jakarta.

2. Bank MANDIRI Kantor Cabang Kramat Raya Nomor Rekening : 123-00-17091945 atas nama PMI DKI JAKARTA Panitia Bulan Dana PMI Provinsi DKI Jakarta.

3. Bank DKI Kantor Cabang Utama Juanda Nomor Rekening : 101-03-17094-7 atas nama PMI DKI JAKARTA Panitia Bulan Dana PMI Provinsi DKI Jakarta.

Pemberian bantuan donasi ini merupakan wujud kepedulian kita dalam Ayo peduli bantu sesama bersama PMI. Anda tidak perlu khawatir bantuan donasi anda akan diselewengkan karena PMI akan terus bergerak ke arah perbaikan sistem dengan berbuat nyata demi kemanusiaan di Negara Indonesia kita tercinta ini. Masih ingat kan slogan PMI “Setetes Darah Sangat Berarti Menolong Nyawa Bagi Sesama.” Jadi bantuan donasi anda pasti akan dikelola dengan baik, transparan, akuntabel dan disalurkan kepada setiap manusia yang sedang menderita tanpa membeda–bedakan bangsa, golongan, agama dan politik. Intinya dana PMI adalah amanah dari ribuan orang yang menyumbang selama diadakan bulan dana PMI untuk pelaksanaan kegiatan sosial- kemanusiaan.

Dana PMI (donasi) yang terkumpul sangat dibutuhkan terutama, untuk penanganan yang sifatnya urgent /penting, jadi sudah pasti akan direalisasikan untuk tugas pokok dan kegiatan-kegiatan rutin PMI berbasis masyarakat yang antara lain:
A.    Pelayanan Kesehatan Masyarakat
1.      Upaya Kesehatan Transfusi Darah (UKTD)
2.      Pertolongan Pertama Berbasis Masyarakat
3.      Penanggulangan bahaya HIV/AIDS dan penyalahgunaan NAPZA
4.      Sanitasi Air
5.      Tanggap Darurat Kesehatan
6.      Pelayanan pos pertolongan pertama dan perawatan keluarga
7.      Pelayanan dan perbaikan ambulans
8.      Rumah sakit/Poliklinik PMI
9.      Dukungan psikologi

                                                    http://www.pmi.or.id/

                                                    Sumber: Dok Pribadi
B.     Pelayanan Penanganan Bencana
1.      Kesiapsiagaan bencana berbasis masyarakat
2.      Tanggap darurat bencana
3.      Pelayanan dapur umum para korban bencana
4.      Pelayanan evakuasi bagi para korban bencana
                                                         Sumber: Dok Pribadi

                        Simulasi Tanggap Darurat Bencana, www.youtube.com
                        Pelayanan dapur umum para korban bencana, dok pri.
C.     Pelayanan Sosial
1.      Kegiatan bakti sosial
2.      Pelayanan pada lansia
3.      Pelayanan bagi anak jalanan
4.      Pelayanan kesejahteraan sosial

                                         Sumber: rawaurip.cirebonkab.go.id

                                         Pelayanan bantuan kemanusiaan, dok pri.

D.    Peningkatan Fungsi/Peran Komunikasi dan Informasi
1.      Diseminasi prinsip palang merah dan Hukum Perikemanusiaan Internasional (HPI)
2.      Publikasi, advokasi dan networking
                                                   http://www.pmi.or.id/
                                                    http://www.pmi.or.id/

E.     Pengembangan Organisasi
1.      Pembinaan dan peningkatan kapasitas organisasi
2.      Peningkatan sumber daya PMI
3.      Pembinaan kader-kader relawan
4.      Pembinaan generasi muda melalui wadah PMR (Palang Merah Remaja)
5.      Pembinaan Tenaga Pelatih dan Guru Pembina PMR
6.      Operasional lain-lain-nya

                           Pembinaan generasi muda melalui wadah PMR, dok pri.

PMI memang membuktikan kegiatan atau aksi kemanusiaannya baik secara langsung maupun tidak langsung dan kita tidak perlu ragu untuk berdonasi ke PMI. Akan banyak yang terbantu melalui PMI. Jadi sekarang ayo peduli bantu sesama dengan mengikuti program Bulan Dana PMI di Tahun 2015 ini, karena program ini merupakan wujud nyata kepedulian kita kepada sesama. Buktikan uluran tangan kita kepada mereka yang membutuhkan, saatnya mengasah kepekaan sosial kita.


Komentar

  1. Balasan
    1. ya udah langsung ikut lombanya, masih ada waktu 1 minggu lagi

      Hapus
  2. Bermanfaat ya, pingin jadi kader dan Relawan PMI juga deh.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya ,ya aku juga pingin jadi kader/relawan atau bagian keluarga PMI

      Hapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Visit Tidore Island - Destinasi yang Cocok Saat Liburan Sekolah dan Bagi yang Patah Hati

Aetra Save Our Water For The Next Generation

Pengelolaan Hutan di Kawasan Ekosistem Leuser, Antara Kenyataan, Harapan dan Langkah Penting