Menguak 7 Rahasia #AksiSehatCeria Yang Tak Lekang Oleh Waktu


Ilustrasi gambar: mediskus.com

Saya menyadari bahwa manusia pasti akan mengalami yang namanya tua. Dengan bertambahnya usia pasti tubuh juga akan mengalami perubahan. Kondisi sakit-sakitan, lemah, dan kurang produktif sering dikait-kaitkan dengan masa tua. Namun saya kurang setuju dengan hal ini. Saya yakin dan percaya, hal-hal tersebut dapat diatasi dengan memperlambat proses penuaan, salah satu rahasianya menerapkan pola atau aksi hidup sehat.

Memang banyak cara yang dapat dilakukan untuk menerapkan aksi hidup sehat. Namun saya pikir, menjaga kesehatan tubuh tidak harus dilakukan dengan cara menghabiskan banyak uang, tenaga dan pikiran. Karena saya sendiri mempunyai cara jitu yang sederhana, ceria dan terbukti tanpa harus mengeluarkan banyak biaya.

Cara sederhana dan ceria ini sudah saya buktikan semenjak usia remaja yang kemungkinan akan berlaku sepanjang masa (tak lekang oleh waktu). Ya, pada intinya adalah menjaga dari dalam tubuh dan mencegah kebiasaan yang tidak bagus untuk tubuh. Apa sajakah itu? Ini dia cara sedernana nan ceria yang saya lakukan untuk aksi/pola hidup sehat.

1. Tidak Merokok dan Hindari Alkohol

Saya pikir hal utama yang selalu saya tekannkan dalam menjalani hidup sehat dengan ceria adalah tidak merokok dan tidak minum minuman beralkohol. Kebiasaan tidak merokok dan tidak minum alkohol sudah saya lakukan sejak remaja atau usia puber. Sampai sekarang di usia saya menginjak 33 tahun, saya tidak pernah mau berhubungan dengan tembakau apalagi minuman beralkohol.

Banyak sekali sumber-sumber (literatur), hasil riset dan bukti yang menyatakan akan bahaya rokok dan minuman beralkohol buat kesehatan. Seperti dapat melukai dinding pembuluh darah, mempercepat proses pengerasan pembuluh darah, penyakit jantung hingga kanker berbagai organ tubuh.

Hasil riset DokterSehat juga menunjukkan, perokok aktif baik laki-laki dan perempuan berisiko lebih tinggi menimbulkan penyakit. Sebab, bahan-bahan dalam rokok mengandung ribuan racun, seperti racun yang membuat kolesterol jahat di tubuh akan mengalami perubahan secara kimiawi, yakni berubah menjadi teroksidasi sehingga lebih mudah lengket dan mudah menempel pada pembuluh darah jantung. Akibatnya pembuluh darah jantung makin sempit, lalu jantung berhenti bekerja karena tidak mendapat suplai darah. Itulah mengapa berhenti merokok sangat dianjurkan untuk mencegah risiko penyakit jantung.

Ironisnya, kendati paham akan bahaya menghisap rokok, para perokok aktif tetap melakukan dengan sadar kebiasaan buruk mereka.

Dengan menghindari kebiasaan merokok dan minum alkohol saya merasa tetap segar, energik, sehat dan jauh dari berbagai macam penyakit di usia sampai sekarang ini.

2. Konsumsi Buah dan Sayur

DokterSehat mengatakan, untuk tetap sehat bagi yang sudah berusia matang, dianjurkan untuk menjalani pola makan sehat dengan memakan makanan yang mengandung serat dan antioksidan, yang bisa didapatkan dari sayur-sayuran dan buah-buahhan. Setiap serat memiliki warna yang menunjukkan kadar antioksidan di dalamnya. Karena itu, makan buah-buahan aneka warna akan memberikan kadar antioksidan yang bagus untuk tubuh.

Dari informasi DokterSehat ini, saya pun mulai mengurangi konsumsi karbohidrat, mengurangi makanan yang manis, garam tinggi seperti junk food dan menghindari daging merah dan makanan berlemak. Lalu saya lebih memilih sayur-sayuran terutama yang diolah menjadi gado-gado dan mengonsumsi buah-buahhan segar seperti pepaya, semangka, anggur, apel, pisang, tomat, pir, jambu, mangga dan jeruk.
Makanan yang berserat selalu kami usahakan untuk menu makan siang ataupun malam di rumah (foto dok pri)

Sayur dan Buah menurut DokterSehat dapat mencegah berbagai macam penyakit seperti kanker, batu ginjal, diabetes, reumatik, alzheimer, stroke, berbagai penyakit lain yang menyerang organ tubuh dan darah, mencegah konstipasi, menjaga kesehatan saluran cerna, menjaga kadar lemak darah dan kadar glukosa darah, serta mampu menjaga agar tidak cepat lapar.

Selain sayur dan buah, dianjurkan juga mengonsumsi Yogurt yang mengandung serat tinggi.

Saya kerap mengonsumsi Yogurt demi menjaga kesehatan tubuhku (foto dok pri).

Air mimun dalam kemasan. buah dan yogurt hampir selalu di konsumsi setiap hari untuk menjalankan pola makan sehat (foto dok pri)

3. Air Putih

Banyak sekali sumber-sumber (literatur), hasil riset dan bukti terutama dari DokterSehat yang menyatakan jika air putih merupakan minuman segar yang sangat menyehatkan bagi seluruh anggota tubuh. Ketika tahu akan hal ini, saya berusaha memenuhi kebutuhan minum air putih. Sebisa mungkin minum air putih harus cukup setiap hari, yakni sekitar dua liter sehari.

Lebih rinci mengenai manfaat air putih buat kesehatan, klik dan baca DISINI 

Kini minum air putih saya lakukan sejak pagi hari setelah bangun dari tidur malam. Saya menyakini, dengan banyak minum air putih di pagi hari sangat efektif membuang racun dalam tubuh, peredaran darah lancar, kulit lembab dan tubuh terasa lebih sehat dan segar sepanjang hari.

Air minum dalam kemasan hampir selalu menemaniku dalam setiap kesibukan dan aktivitas yang kujalankan (foto dok pri).

Selain minum air putih, saya juga mimun jamu kunyit dan kencur setiap dua kali seminggu serta madu agar tubuh saya tetap bugar, kuat dan tidak mudah sakit di usia saya yang sudah kepala tiga.

4. Olahraga

Dari dulu sampai sekarang, olahraga dipercaya menjadi senjata andalan agar stamina tetap bugar. Saya sendiri memilih olahraga yang bervariasi untuk tubuh yang sehat, seperti jogging, senam, lari, jalan cepat, bersepeda dan yoga. Saya rutin melakukannya dua sampai tiga kali seminggu selama 30 hingga 45 menit sehari. 
Senam, menjadi salah satu olahraga favorit yang kerap saya lakukan (foto dok pri).

Foto dok pri

Yoga juga menjadi favoritku saat melakukan olahraga (foto dok pri).

Foto dok pri.

Olahraga-olahraga yang saya lakukan ini betul-betul meningkatkan kesehatan dan kebugaran tubuh, terutama pada jantung, tekanan darah dan paru-paru. Selain itu, saya juga tidak gampang terkena stres.

       5. Istirahat Cukup

Tidak dapat dipungkiri, jika istirahat yang cukup  akan menambah stamina dan kebugaran tubuh. Dipercaya, istirahat dengan tidur cukup tidak hanya berguna untuk kesehatan, tapi juga kecantikan. Saya merasakan, dengan tidur, dapat membuat tubuh menjadi lebih segar dan fresh terlebih memiliki kualitas tidur yang baik.

Para ahli kesehatan dan DokterSehat mengatakan, dalam urusan kesehatan, stres dan tidur merupakan 2 (dua) hal yang hampir menyatu dan keduanya dapat mempengaruhi kesehatan jantung. Karena itu, tidur dapat mengurangi stres dan mengontrol tekanan darah menjadi lebih baik. Sehingga tak heran,  tidur juga dapat berperan penting dalam mengurangi penyakit jantung dan tingkat kolesterol.

Untuk itu, setiap orang sebisa mungkin memenuhi kebutuhan istirahat dengan tidur yang cukup. Meski hanya sebentar atau tidur beberapa jam, saya merasa sangat bermanfaat bagi tubuh. Badan terasa lebih segar, tenaga kembali pulih dan terisi setelah beraktivitas, otak dan pikiran terasa lebih ringan dan fresh, serta kolesterol dan denyut jantung yang stabil.

Karena itu, saya mengusahakan untuk tidur setidaknya 7-8 jam sehari, serta diimbangi dengan konsumsi buah dan sayur.

Pernah beberapa kali saya kurang waktu istirahat, kurang tidur dan kera bergadang. Dampaknya badan saya terasa berat, lemas, dan nggak fokus. Menurut dokter, jika kekurangan tidur, sistem kekebalan tubuh akan lemah sehingga kita akan rentan terhadap penyakit.

6. Berfikir Positif

Selain itu, saya juga percaya, selalu berpikir positif merupakan kunci rahasia menjalani hidup sehat. Hidup dengan perasaan dan pikiran positif secara langsung akan mempengaruhi emosi dan pikiran kita. Emosi dan pikiran yang baik atau jernih akan membuat jiwa dan raga juga akan sehat, sehingga tubuh juga akan tahan terhadap berbagai penyakit dan stres.

Berfikir positif juga kerap berhubungan dengan rasa syukur. Mensyukuri atas apa yang telah dicapai, menyelesaikan masalah secepat mungkin agar tidak menimbulkan beban serta tidak mencampuri urusan yang tidak ada hubungan dengan kita, menjadi kunci hidup kita terasa lebih nikmat, nyaman, menyenangkan dan sehat.

7. Berdonor Darah

Saya pernah melakukan kegiatan donor darah di Palang Merah Indonesia (PMI). Waktu itu pasca lebaran, di mana saat itu PMI sangat membutuhkan stok darah untuk menolong orang-orang yang membutuhkan.

Setelah di cek, ternyata darah saya memiliki antibodi yang bagus sehingga berguna bagi banyak orang yang membutuhkan darah.

Saya sempat kaget mengetahui informasi dari DokterSehat yang mengatakan, berdonor darah ternyata tidak hanya menguntungkan bagi penerima darah, namun juga memberikan manfaat bagi pendonornya.

Manfaat donor darah bagi kesehatan dapat dilihat di link DokterSehat berikut ini;


Mendengar dan mengetahui fakta Manfaat donor darah bagi kesehatan tubuh, saya pun semakin bersemangat melakukan aksi donor darah.

Bagiku aksi donor darah merupakan Aksi Sehat Ceria sekaligus mulia.

***

Kesehatan adalah tanggung jawab pribadi karena saat kesehatan hilang, diri sendirilah yang menjadi pihak paling dirugikan. Setiap orang perlu mengetahui cara menjaga dan memelihara kesehatannya sendiri. Seorang dokter memang ahli dalam mengobati penyakit. Tetapi bukankah lebih baik tetap sehat dibanding harus menjalani pengobatan atau operasi supaya sehat kembali?

Biasanya kualitas hidup seseorang menjadi menurun pasca menngidap suatu penyakit. Karenanya, berfikir untuk mencegah penyakit tetap lebih baik daripada mengobatinya.

Dalam menjaga kesehatan di usia 30 tahun ke atas, prinsipnya adalah dimulai dengan pola atau gaya hidup sehat. Karena mayoritas penyakit, sesungguhnya dapat dicegah dengan membiasakan pola hidup sehat.

Saya boleh melakukan semua hal yang kusuka, namun saya tak lupa untuk selalu berusaha  menerapkan pada diri segala rangkaian pola, langkah atau aksi sederhana untuk hidup sehat seperti yang saya ceritakan di atas, apalagi di usia saya yang semakin matang. Karena kesehatan adalah aset penting dalam hidup dan modal untuk hidup produktif. Ke tujuh aksi di atas mempunyai peranan yang sama  penting untuk menjaga kesehatan dari masa ke masa.

Aksi-aksi sederhana di atas, saya jadikan sebagai sebuah aktivitas dan gaya hidup yang Ceria dan Mmenyenangkan. Misalnya berolahraga, tidak boleh menjadi sebuah beban. Tetapi harus dilakukan dengan senang hati sehingga akhirnya menjadi sebuah kebiasaan. Agar olahraga terasa lebih menyenangkan atau ceria, kita juga harus kreatif memilih olahraga yang memungkinkan, apakah itu tempatnya, waktunya, atau jenis olahraga itu sendiri.

Menurut  World Health Organization (WHO), kesehatan tidak semata-mata urusan medis, namun banyak faktor yang mempengaruhi derajat kesehatan suatu masyarakat atau suatu bangsa. Seperti tingkat pendidikan dan sosial budaya masyarakat. Di bidang pendidikan, perlu dibangun gerakan untuk menanamkan kesadaran menjaga kesehatan sejak dini. Pembiasaan pola hidup sehat pada generasi muda sangat penting, karena generasi muda adalah agen perubahan yang paling dapat diandalkan untuk menyerap dan melaksanakan berbagai ilmu pengetahuan terkait kesehatan.

Lalu dari sudut pandang sosial budaya. Sejak dulu kegiatan donor darah dan gotong royong membersihkan lingkungan sudah menjadi tradisi dalam masyarakat kita. Kebiasaan ini perlu terus dilestarikan dan ditingkatkan. Masyarakat perlu terus diingatkan untuk berdonor darah bagi yang membutuhkan dan menjaga kebersihan lingkungan.

Selanjutnya tanggung jawab pemerintah yang dapat diwujudkan dalam bentuk peningkatan dan pemerataan pembangunan infrastruktur kesehatan, peningkatan kuantitas dan kualitas sumber daya manusia di bidang kesehatan serta peningkatan mutu pelayanan kesehatan. Sehingga derajat kesehatan masyarakat Indonesia akan terus meningkat.

~***~


Komentar

  1. Wah.. Gampang banget ternyata ya. Aku biasa terapin yang murah dan mudah aja, air putih, olahraga sama istirahat cukup.

    BalasHapus
    Balasan
    1. hail ulya, ke-7 aksi sehat di atas saya pikir semuanya murah dan mudah! Terima kasih udah berkunjung, salam kenal!

      Hapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Visit Tidore Island - Destinasi yang Cocok Saat Liburan Sekolah dan Bagi yang Patah Hati

Aetra Save Our Water For The Next Generation

Pengelolaan Hutan di Kawasan Ekosistem Leuser, Antara Kenyataan, Harapan dan Langkah Penting