Makanan Pintar untuk Si Otak Pintar


Salah satu kunci hidup sehat adalah mengkonsumsi makanan yang memiliki gizi seimbang untuk tubuh terutama untuk otak. Tak dapat dipungkiri, seiring bertambahnya usia, organ-organ tubuh pun ikut menua.Misalnya munculnya keriput dan garis-garis halus pada kulit dan otak pun terasa lebih 'lemot' yang menyebabkan daya fikir/tanggap melemah. Ini jelas akan merugikan fisik dan mental, apalagi anda bergelut dengan dunia kerja. Banyak penelitian menyebutkan bahwa sebenarnya proses penuaan dapat diperlambat dengan nutrisi yang baik. Seperti banyak makan ikan, sayur-sayuran dan buah-buahan, maka munculnya keriput dan garis halus pada kulit akan lebih lambat, begitu juga dengan otak kita.Tidak heran kini semakin banyak restoran yang menawarkan berbagai menu sehat. Namun anda harus mengeluarkan budget cukup besar. Tak ingin kan mengeluarkan budget terus menerus untuk menyantap makanan sehat yang penting buat si otak pintar?. Dari itu anda harus bisa mempelajari dan menyuguhkan masakan atau makanan buatan sendiri untuk tubuh dan otak anda. Beberapa makanan 'pintar' berikut ini dipercaya para ahli dapat menjaga dan meningkatkan kerja otak, terutama dalam meningkatkan daya ingat dan mencegah kepikunan. Anda tinggal memasukkan dalam daftar menu sehari-hari dan siap disuguhkan dan disantap saat menjelang buka dan sahur di bulan Ramadhan ini.

1. Ikan Salmon Liar
Ikan salmon harus menjadi menu penting pendamping utama nasi di setiap anda sarapan. Ikan dari laut dalam ini kaya akan lemak esensial omega – 3 dan zat antiperadangan yang penting bagi fungsi otak. Saya merekomendasikan/menyarankan salmon liar paling sedikit seporsi (sekitar 115 gr ikan, 2-3 kali seminggu). Ingat salmon liar (bukan diternakkan), karena bersih dari zat-zat kimia, seperti antibiotik dan makanan buatan yang mengandung pengawet dan zat kimia lainnya. Lagipula persediaannya di laut masih sangat banyak.

2. Whole Grain
Bahan makanan yang terbuat dari biji-bijian utuh seperti oatmeal, roti gandum utuh dan nasi merah dapat meningkatkan fungsi aliran darah tetap baik ke sistem organ, terutama otak. Menurut Frances Murchison, penulis 'Heal Your Whole Body' , setiap organ dalam tubuh tergantung pada aliran darah, Whole Grain sangat penting untuk menjaga kesehatan pembuluh darah dan resiko penyakit jantungpun terkurangi. Aliran darah akan terpompa dengan baik ke bagian otak, sehingga kesehatan otak jadi cemerlang yang berdampak baik pada daya fikir/ingat anda. Saya merekomendasikan/menyarankan ½ cangkir sereal dengan gandum utuh atau 1 lembar roti gandum utuh 2 -3 kali sehari.

3. Kacang-Kacangan, Polong-Polongan dan Biji-Bijian
Merupakan sumber vitamin E yang baik. Kadar vitamin E yang tinggi membuat kognitif anda tidak lambat dan turun saat menua. Kacang tanah, mete, almond, hazelnut, walnut (temukan juga pada cokelat kesayangan anda), biji matahari, wijen,biji rami dan selai kacang yang tidak dihidrogenasi akan menjadi cemilan yang enak dan sehat buat otak anda. Segenggam (sekitar 30 gr) sehari, mentah maupun di panggang sangat cocok untuk disajikan. Jika anda ingin membeli kacang dalam kemasan, beli yang tidak ditambahi garam. Kemudian berbagai jenis polongan seperti kacang merah, hijau, kacang tolo, kedelai, polong , kapri dan sejenisnya merupakan bahan makanan yang mudah di dapat dan ekonomis. Mereka dapat menstabilkan gula darah. Otak tergantung pada gula darah untuk bahan bakar, dan karena tidak dapat menyimpan gula darah sendiri, maka otak tergantung pada aliran energi yang stabil yang dapat disediakan oleh polong-polongan. Sebaiknya disajikan ½ cangkir setiap hari.
4. Blueberry
Buah yang lezat ini mendapat julukan 'brainberry' karena penelitian pada hewan yang menemukan bahwa blueberry efektif membantu dan melindungi otak dari stres yang disebabkan oleh radikal bebas dan polusi serta dapat mengurangi efek masalah pada otak yang disebabkan oleh penuaan seperti Alzheimer (penurunan daya ingat) dan Demensia (pikun). Kemudian penelitian juga menunjukkan bahwa diet yang kaya blueberry secara signifikan meningkatkan kapasitas belajar dan kemampuan motorik pada tikus yang berumur tua yang membuat mental mereka sama dengan tikus yang lebih muda. Secangkir blueberry setiap hari dalam bentuk apapun (segar, beku atau kering) sangat bagus untuk disajikan, terutama saat buka puasa.
5. Avokad
Avokad hampir sama baiknya dengan blueberry dalam hal meningkatkan kesehatan otak. Memang sih avokad tinggi lemak atau kalori, tapi lemaknya jenis tak jenuh tunggal yang baik menjaga aliran darah tetap lancar. Selain itu, avokad juga bisa menurunkan tekanan darah, karena hipertensi adalah faktor resiko menurunnya kemampuan kognitif. Jadi menurunnya tekanan darah dapat meningkatkan kesehatan otak. Hanya dengan menambahkan ¼- ½ avokad sebagai side dish (makanan pelengkap) pada salah menu makan sehari-hari atau menu buka dan sahur anda secara tidak sadar telah melancarkan aliran darah ke otak anda. Ingat, aliran darah lancar berarti otak juga ikut sehat.

6. Kopi
Yang membuat saya takjub, sebuah penelitian mengungkap bahwa jika meminum kopi secara teratur maka kandungan kafein dan Antioksidanya memberikan efek positif pada kemampuan ingatan di mana mencegah penyakit Alzheimer/kepikunan salah satu penyakit yang paling ditakuti saat usia tua. Penelitian ini menunjukkan bahwa pasien Alzheimer yang minum kopi mengalami penurunan jumlah protein dalam otak yang berkaitan dengan penyakit tersebut. Oleh sebab itu pula otak para peminum kopi akan berfungsi pada tingkat yang jauh lebih tinggi sehingga membuat mereka lebih pintar, ramah dan menjauhkan mereka dari kepikunan. Ini mungkin tidak terlihat saat ini, namun di masa depan.
Orang tua di atas 65 tahun yang memiliki kadar kafein lebih tinggi dalam darah mengalami perkembangan Alzheimer 2 hingga 4 tahun lebih lambat dibanding mereka dengan kadar kafein lebih rendah. Penemuan ini muncul dalam journal of Alzheimer's Disease. Alzheimer adalah tipe demensia paling umum, gejalanya kehilangan daya ingat serius, kebingungan dan perubahan suasana hati yang berkembang bertahap dan memburuk sejalan dengan waktu. Minum 3 cangkir kopi sehari sangat baik untuk dilakukan.
7. Teh Yang Baru Diseduh
Selain kopi, teh yang baru diseduh juga mengandung kafein sederhanan yang jika digunakan secara bijak dapat menambah kekuatan otak dengan meningkatkan memori, fokus dan suasana hati. Teh juga memilki antioksidan yang potensial, terutama dalam kelompok yang dikenal dengan sebutan katekin/catechines yang sama fungsinya seperti whole grain yaitu menjaga kesehatan aliran darah atau mendorong aliran darah terutama di bagian otak. Teh dalam bentuk dan kemasan apa saja tidak masalah, panas atau dingin selama segera diminum setelah diseduh, cukup 1 -3 cangkir sehari.

8. Jus Delima
Jus delima menawarkan manfaat antioksidan yang sangat potensial yang akan melindungi otak anda dari kerusakan sel akibat radikal bebas. Anda bisa saja makan buahnya langsung, walau agak merepotkan karena banyak sekali bijinya. Untuk itu bikin jusnya sendiri dengan memblender buah delima dengan air jeruk manis peras, kemudian encerkan dengan air mineral, lalu saring cukup 60 ml sehari, nikmat diminum dingin pelepas dahaga, baik untuk otak.
9. Sayur –Sayuran berwarna
Ada banyak penelitian yang tak terhitung di seluruh dunia, yang sangat menyarankan untuk memenuhi asupan sayuran hijau segar dan berwarna lainnya secara teratur untuk mendapatkan nutrisi yang sehat. Sayuran membantu anda untuk berada pada kesehatan yang optimal dalam jangka panjang terutama untuk otak pintar anda, semakin berwarna semakin baik karena semakin tinggi antioksidannya. Mengkonsumsi sayuran segar berwarna setidaknya 2,5-6,5 cangkir setiap hari akan semakin luas manfaatnya buat otak dan tubuh anda serta terhindar dari berbagai gangguan kesehatan musiman.
10. Dark Chocolate
Mari kita tutup dengan makanan yang menyenangkan. Siapa tak suka cokelat? Dark chocolate punya antioksidan yang kuat, mengandung beberapa stimulan alami, termasuk kafein yang dapat meningkatkan fokus dan konsentrasi serta menstimulasi produksi endorfin yang membantu memperbaiki suasana hati. Cukup 15-25 gr sehari akan memberikan semua manfaat yang anda butuhkan.
Tidak ada bagian tubuh yang lebih sensitif terhadap kerusakan sel akibat radikal bebas seperti otak dan menjaga otak tajam lebih lama bisa dimulai dari makanan, lho. Nah, tunggu apalagi atur menu-menu anda untuk mencukupi kebutuhan otak kita, apalagi di bulan ramadhan ini dan rasakan hasilnya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Visit Tidore Island - Destinasi yang Cocok Saat Liburan Sekolah dan Bagi yang Patah Hati

Aetra Save Our Water For The Next Generation

Pengelolaan Hutan di Kawasan Ekosistem Leuser, Antara Kenyataan, Harapan dan Langkah Penting