Akses Internet Super Cepat dan Kerja Makin Menyenangkan Bersama Hisense Pureshot dan Hisense Pureshot+

Sumber foto: Hisense.id  

Bicara tentang smartphone, beberapa minggu ini saya dibuat kesal dengan kemampuan smartphone yag saya miliki. Betapa tidak, kemampuan smartphoneku sekarang ini tidak seperti di masa masa awalnya yang cepat dan handal untuk diajak bekerja secara multitasking. Padahal Smartphone saya selama ini telah menjadi andalan dalam mendukung aktivitas kerja dan interaksi sosial saya. Namun apa yang terjadi, entah mengapa kecepatan membuka beragam aplikasi sudah mulai melambat apalagi saat membuka video dan bermain game. Ditambah lagi kecepatan akses internetnya, terasa sekali penurunan kinerja dan kehandalannya walaupun sudah 3G dan kuota data yang saya miliki masih cukup banyak. Sedangkan sinyal operator seluler langganan saya di sekitar tempat tinggal juga masih terpantau penuh. Kemudian kapasitas baterainya juga sudah mulai merosot, cepat habis dan harus menunggu lama untuk poses chargingnya. Selain itu walaupun secara rutin saya selalu membuang aplikasi yang saya anggap sudah tidak terpakai lagi dan membersihkan cache history-nya, namun tetap tidak banyak membawa perubahan akan kemajuan dalam hal kecepatan membuka aplikasinya. Sungguh kesal saya saat ini, tuntutan pekerjaan yang mengharuskan saya untuk online dan mobile jadi ikut terhambat dan waktu efektif saya-pun menjadi berkurang.
Dengan semakin menurunnya performa kinerja dan kehandalan smartphone saya saat ini, membuat saya berniat untuk mencari smartphone pengganti yang dapat membantu dan menunjang aktivitas pekerjaan serta interaksi sosial saya sehari-hari. Saya mulai mencari informasi ponsel cerdas keluaran terbaru yang juga menggusung teknologi terkini terutama akses pelayanan intenet, kemampuan imaging (kamera) dan multimedia yang handal. Melalui browsing internet, saya mendapat informasi bahwa dengan dibukanya jaringan berteknologi 4G LTE di Indonesia ternyata telah membuat banyak pabrik telekomunikasi berlomba-lomba untuk menghadirkan smartphone yang mendukung jaringan tersebut. Tidak hanya vendor lokal, vendor global pun turut hadir meramaikan pasar dengan smartphone berbasis 4G LTE. Salah satu vendor elektronik dunia yang masuk jajaran lima besar karena mampu mengembangkan inovasi teknologi di bidang industri elektronik yang diakui secara global yakni Hisense asal Tiongkok. Kini di era 4G, Hisense asal tiongkok tersebut semakin mengukuhkan eksistensinya di industri handset lewat peluncuran produk smartphone terbarunya yang menawarkan dukungan jaringan berteknologi 4G LTE dengan 4G FDD (Frequency Division Duplexing) dan TDD (Time Division Duplexing) hingga mencapai 150Mbps download dan 50Mbps upload serta memiliki kemampuan brilian imaging (kamera), multimedia mobile dan bisa berjalan di semua jaringan LTE operator, baik 4G LTE, 3G (WCDMA, CDMA) dan GSM. Smartphone tersebut adalah Hisense Pureshot dan Hisense Pureshot+.
Hisense sepertinya sangat percaya diri akan kualitas dan kecepatan jaringan berteknologi 4G LTE yang dimilikinya karena masih jarang smartphone di pasaran yang sudah memiliki kemampuan seperti Hisense . Namun demikian Hisense tetap dapat bermitra dengan baik dengan vendor local seperti smartfren yang memilki layanan 4G LTE-Advanced.
Selain itu, Hisense juga merupakan produsen ponsel pertama di Tiongkok yang memelopori penggunaan teknologi dual-SIM card CDMA/GSM dengan meluncurkan handset dual-SIM pada Agustus 2006. Dengan fasilitas dual sim ini, kita bisa memanfaatkan SIM ke-2 untuk kartu operator GSM seperti kartu seluler sehingga biaya telepon dan sms dapat semakin irit.
Dua varian Hisense ini sebenarnya memiliki spesifikasi yang tidak jauh berbeda satu sama lain, kecuali dari ukuran layar dan kapasitas baterai yang lebih luas pada PureShot+ sehingga berpengaruh pada dimensi dan berat yang otomatis bertambah, namanya juga plus (+) pasti ada plus-nya sedikit. Namun keduanya saya fikir tetap cocok dan menjadi smartphone andalan-nya para pecinta gadget, blogger, traveler hingga sosial-media (sosmed) lover termasuk saya dengan fitur-fitur yang dimilikinya dan harga yang cocok.
Karena mengusung desain teknologi terbaru jaringan internet 4G, atau yang lebih kita kenal dengan LTE (Long Term Evolution), maka sejak diluncurkan ke pasaran, produk Hisense teranyar ini langsung menyita perhatian pencinta gadget dan para blogger. Pengembangan teknologi pita lebar ini memang mengikuti tuntutan kebutuhan masyarakat akan kecepatan akses internet di era digital. Akses internet super cepat bukanlah hal yang mustahil dengan teknologi 4 G LTE ini karena kecepatan downloadnya 10x lebih baik dari 3G.

Sumber foto: ArenaLTE4G@bimo
Alangkah menyenangkannya jika saya bisa memiliki handset PureShot atau PureShot+, tentu saya tidak akan menemui banyak kesulitan lagi saat mengakses internet. Saya juga tidak harus membuka laptop terlebih dulu dan menghubungkannya ke modem, melainkan tinggal ambil smartphone PureShot atau PureShot+ dari Hisense dan langsung terhubung ke internet. Tentunya hal itu juga akan semakin memudahkan saya mewujudkan hobi-hobi saya.
Saya memiliki hobi mendengarkan musik, setiap minggu sekali saya selalu mencari referensi lagu dan mengunduhnya dari internet. Apalagi sekarang, sejak kehadiran PureShot dan PureShot+ dari Hisense yang sungguh muthakir nan keren, tentu saya akan semakin gencar mengunduh lagu. Bahkan tidak hanya itu, saya juga ikut genjar untuk men-upload atau mendownload video, streaming film dan mencoba membuat home video atau live chat serta berbagi file, mengirim email berbagai ukuran dengan cepat tanpa hambatan seperti melalui aplikasi LINE sama rekan-rekan dan saudara-saudara. Kemudian di era di mana game online menjadi trend, maka internet 4G akan mendukung bagaimana saya me-eksplorasi dalam bermain game tanpa takut tersendat.
Selain itu, untuk menghilangkan kejenuhan dari aktivitas pekerjaan, saya kerap melakukan traveling sambil fotografi termasuk meng-capture peristiwa menarik yang terjadi dan berbagi informasi kepada dunia. Jika PureShot dan PureShot+ berada dalam genggaman, tentu saya tidak perlu khawatir lagi bila sedang traveling keluar kota, karena walau kota yang akan saya kunjungi tersebut belum tercover jaringan 4G LTE, saya masih bisa menggunakan jaringan CDMA EVDO Rev A atau memanfaatkan akses wifi sebagai alternatif mengakses internet. Intinya aktivitas sosial media (sosmed) saya dapat saya update kapan saja, ngeblog mobile-pun enak banget, keren kan!
Selain mengusung teknologi konektivitas 4 G LTE, tentu ada sebab-sebab lain,  mengapa saya, para blogger, pencinta gadget, traveler hingga sosmed lover begitu terkesan dengan produk smartphone hisense ini. Adapun sebab-sebap itu antara lain;
Pertama, mengandalkan produktifitas superior untuk kecepatan pengolahan data dan kemampuan multitasking dengan dapur pacu chipset Qualcomm Snapdragon 415 dan prosesor octa-core 64 bit yang memiliki kecepatan/ clockspeed 1.4 GHz Cortex A53. Apalagi didukung atau dilengkapi dengan GPU Adreno 405 untuk grafis yang handal, RAM 2 GB dan Operating System (OS) Android v5.0.2 (Lollipop) yang powerful yang dipastikan membuat performa kinerja Hisense Pureshot makin bertenaga, lebih gesit dan lebih dari mampu untuk menunjang aktifitas pengguna.Versi terbaru Android ini juga dilansir menjadi solusi bagi masalah borosnya daya baterai di perangkat Android. Karena memiliki sistem requirements yang rendah, anti malware, dan notifikasi masih dapat diakses meskipun ponsel dalam keadaan terkunci.
Sumber foto: Hisense.id 
Berprosesor 64 bit tentu membuat banyak keuntungan bagi kinerja smartphonenya dibanding yang 32 bit, adapun keuntungan itu antara lain:
1.      Kinerja tinggi namun tetap hemat baterai atau konsumsi daya.
2.   Kecepatan akses kinerja akan lebih efektif, efisien dan dapat bergerak cepat ketika dipakai mengambil data dari RAM ponsel. Sehingga mulai dari user interface (UI) hingga aplikasi-aplikasinya akan menjadi lebih cepat, kencang, responsif dan grafis lebih baik serta video dapat diputar dengan lancar. Membuka halaman web juga jauh lebih mudah dan cepat dari sebelumnya.
3.   Dapat menangani RAM yang jauh lebih besar hingga mencapai 16 GB. Soal RAM berukuran besar memang belum begitu penting bagi aplikasi yang ada sekarang ini.Tapi ke depannya, saya yakin akan ada layar ultra high definition (UHD) ukuran jumbo, multitasking yang lebih berat, aplikasi virtual reality hingga streaming video 4K. Kesemuanya itu akan berjalan lebih lancar jika sebuah smartphone menggunakan prosesor 64 bit seperti Hisense PureShot dan PureShot+ ini.
Saya sering menulis email dengan file dan lampiran yang panjang-panjang terus begitu mau attach foto malah ponsel saya jadi lelet dan akhirnya force close. Tapi dengan memakai PureShot dan PureShot+ ini yang dibekali prosesor dan sistem operasi yang saya sebutkan di atas, sudah pasti mendukung proses pengiriman email dengan berbagai isi dan ukuran file di dalamnya tanpa harus terhenti atau lelet.
Kedua Layar/Display. Hisense Pureshot menggunakan display yang tergolong big screen yakni IPS LCD capacitive touchscreen 5 inci, resolusi HD 1280 x 720 piksel dengan kepadatan 295 ppi. Sementara Hisense Pureshot+ memiliki ukuran layar sedikit lebih besar dari PureShot yakni display IPS LCD capacitive touchscreen 5,5 inci, resolusi HD 1280 x 720 piksel dengan kepadatan 267 ppi. Ukuran display ini sangat pas menurut saya, tidak terlalu besar dan juga tidak terlalu kecil, mudah dimasukkan ke dalam saku atau kantong. Selain itu untuk menonton video, melihat gambar, mengetik, membaca ebook dan bermain game di layar HD juga enak dan nyaman, mata tidak cepat terasa lelah karenanya. Layar dengan teknologi IPS LCD capacitive touchscreen akan membuat tampilan gambar, grafis dan video akan terasa hidup dan menakjubkan karena memiliki tingkat ketajaman dan kecerahan layar yang tinggi dari berbagai sudut. Gambar hasil pemotretan saya pastinya terlihat lebih jernih dan lebih akurat komposisi warnanya, saturasi warna juga jauh lebih detail. Tersedia pilihan tingkat kecerahan layar yang paling sesuai dengan kepentingan pengguna.
Sumber foto: Hisense.id 
Ketiga Desain. Material Hisense PureShot dan PureShot+ yang menggunakan bahan logam dan plastik berkualitas tinggi yang ringan namun kokoh. Saya fikir amat cocok untuk pekerjaan luar ruangan yang tentu membutuhkan phablet dengan konstruksi yang tangguh. Apalagi layar smartphone yang dilapisi dengan 2.5D Corning Gorilla Glass 3 yang katanya memiliki daya tahan 6 kali lipat dibanding kaca biasa. Oleh karena itu membuatnya tahan terhadap benturan, karat, goresan dan retak. Cocok dibawa ke mana saja tanpa rasa khawatir takut jatuh. Dengan dimensi desain PureShot yakni 140 x 70 x 8,3 mm bobot 130 gram, dengan bezel super tipis hampir terlihat tidak memiliki bezel atau borderes pada layar. Sementara dimensi yang melekat pada PureShot+ yakni 151 x 75 x 8,3 mm bobot 152 gram yang masih cukup tipis buat saya. Keduanya terlihat elegan dan stylish buat saya.
Sumber foto: luckysebastian.gadtorade.com
Keempat Baterai. Tidak perlu khawatir dengan kebutuhan daya, karena smartphone ini dilengkapi dengan baterai Li-ion sebesar 2200 mAh untuk Hisense PureShot dan 2500 mAh untuk Hisense PureShot+. Daya tahan baterai ini saya fikir terasa sangat cukup untuk dipakai seharian penuh, tentu  amat mendukung aktivitas di lapangan karena mengurangi keribetan akibat harus sering mencolokkan gadget ke power bank. Belum lagi dibantu layar yang beresolusi HD dan prosesornya yang dikenal irit baterai serta 4G LTE, modem yang terintegrasi dan hemat daya. Baterai tersebut dibuat bertipe Removable sehingga dapat dilepas pasang denga leluasa oleh penggunannya.
                                                                    Sumber foto: www.teknoup.com
Kelima, kemampuan kamera yang berkelas. Kamera Smartphone Hisense PureShot dan Pureshot+ memiliki kemampuan seperti kamera smartphone papan atas dengan harga selangit. Kamera utama dari perangkat ini memiliki kekuatan 13 MegaPiksel (MP) Aperture F/2.0 dengan Dual LED Flash yang bisa digunakan untuk mengambil gambar atau video dengan baik dan cemerlang. Resolusi maksimum untuk mode 4:3 adalah 4160 x 3120 piksel (13 MP), sementara pada mode 16:9 kita bisa menikmati resolusi 3264×1836 piksel (6 MP).
                                                        Sumber foto: www.situshape.net
Selama ini untuk memotret, saya selalu menenteng kamera DSLR maupun pocket kemanapun saya pergi seperti untuk kegiatan fotografi, traveling keluar kota maupun mengikuti event-event seperti pameran dan lomba foto. Hanya saja, saat mau upload ke Instagram, agak ribet jadinya, kita harus mengkoneksikan kamera ke komputer hanya untuk memindah file-file foto. Namun sekarang saya tidak perlu repot lagi menenteng kedua kamera tersebut karena dengan segala kecanggihan kamera smartphone PureShot dan PureShot+ yang mendekati kamera DSLR, tentu memudahkan dalam mengambil foto/gambar ataupun video yang dapat langsung di upload ke Instagram tanpa khawatir kualitas foto yang kita ambil.
Kapasitas resolusi kamera utama PureShot dan PureShot+ sudah mencukupi bagi saya dan juga blogger untuk mendokumentasikan beragam aktivitas kerja ataupun merekam dan membuat video untuk mendukung tulisan di dalam artikel misalnya. Kemudian sebagai penyuka fotografi, maka kamera beresolusi 13 MP ini saya dapat mengubah foto-foto agar terlihat lebih artistik dengan mengunakan fitur-fitur tambahan di smartphone ini seperti Autofocus, Geo-tagging, tauch focus, face detection, panorama, dan HDR. Sehingga didapatlah kualitas foto/gambar terbaik dengan hasil yang lebih cerah, jernih, tetap natural, akurat dan tajam komposisi warnanya, baik dalam kondisi outdoor maupun indoor. Lebih spesial lagi kamera di bagian depan, Hisense PureShot dan PureShot+ menanamkan kamera 5 MP aperture f/2.4 yang dilengkapi dengan LED Flash untuk menambah pencahayaan saat selfie. Sejauh ini, saya baru tahu jika ada smartphone yang juga menyematkan flash di kamera depan, tentu ini menjadi terobosan menarik bagi kita semua. Jadi buat yang senang selfie, bikin video call, video chatt bahkan video selfie hasil kamera depan bakal lebih maksimal meskipun pemotretan dan perekaman video dilakukan dalam berbagai kondisi, termasuk  kondisi yang minim cahaya. Jadi kegiatan berselfie semakin asik baik siang ataupun malam.
Sementara untuk rekam video, kita dapat merekam video dalam kualitas Full HD1080p, HD dan VGA. Pemutar video dari Hisense Pureshot dan Pureshot+ mempunyai fitur minimize, sehingga pengguna dapat melakukan aktivitas lain sambil menonton video. Seperti memainkan game sambil menonton tanpa lagging.
Sumber foto: telsetnews.com
Keenam, bekerja sambil mendengarkan musik terasa lebih nyaman dan menyenangkan dengan PureShot dan PureShot+ ini karena audionya telah dilengkapi fasilitas stereo speaker dalam teknologi Dolby Digital Plus. Sebagai penghobi pendengar musik, ini adalah terobosan yang harus saya coba karena dengan hadirnya fitur mewah ini kualitas suara yang dihasilkannya tentu lebih jernih dan lebih enak didengarkan terutama saat melakukan kontak atau telepon. Stereo speaker sendiri terletak pada sisi samping bagian bawah di kanan kiri port USB.
                                                                        Sumber foto: droidlime
Ketujuh, Hisense membenamkan antarmuka khusus bernama Vision UI 2.0. Dengan antar muka ini Semua aplikasi terintegrasi langsung pada desktop, tidak ada app drawer (halaman menu) seperti Android pada umumnya. Vision UI menyuguhkan koleksi widget custom seperti Traffic, WPS Office, Dolby Audio hingga widget bawaan Android. Selain itu, terdapat sekitar 14 effects yang bisa dipilih dalam beragam pola. Lebih menarik lagi, pengguna bisa membuat folder sendiri untuk mengumpulkan aplikasi tertentu. Lalu tersedia juga fitur hide app, icon arrangement, icon alignment untuk membereskan dan mengatur aplikasi sesuai keperluan.
Sumber foto: tekno.kompas.com
Vision UI ini cukup agresif dalam menghandle aplikasi yang berjalan untuk pemanfaatan RAM, begitupula untuk mengatur penggunaan internet dan aplikasi-aplikasi yang running di background.
Selain itu, pengguna juga bisa memanfaatkan fitur gestures di Vision UI, untuk bisa menggeser gambar dengan hanya melakukan gerakan tangan ke sensor depan layar. Ada juga fitur motion, contohnya ‘Double Tap to Wake’, ketika layar dalam keadaan mati, pengguna hanya perlu melakukan double tap ke layar untuk dapat menyalakannya kembali.
Kedelapan, harganya hanya Rp 3 jutaan. Untuk smartphone dengan segala kelebihan spesifikasi dan fitur-fitur yang saya sebutkan di atas, harga tersebut dapat dikatakan terjangkau. Dengan menyandingkan fitur dan harga, PureShot dan PureShot+ telah menjadi pesaing ketat produk-produk smarphone serupa yang diluncurkan vendor lain. Misal vendor Oppo A33 dengan fitur-fitur dan harga yang sama namun Oppo A33 masih memiliki kapasitas kamera utama yang lebih rendah yang hanya 8 MP dan kerapatan piksel juga lebih rendah dibanding PureShot.
Blogger Dan PureShot dan PureShot+, Kualitas Secara Keseluruhan
Bekerja sebagai blogger tentu membutuhkan perangkat smartphone yang handal nan canggih demi mendukung prosesi yang sangat erat dengan dunia maya (online). PureShot atau PureShot+ yang telah menggunakan prosesor Android v5.0.2 Lollipop dan mendukung Fitur Multi Network 4G LTE plus CDMA dan GSM jelas-jelas yang sangat membantu profesi dan komunikasi para blogger yang mengandalkan kinerja multitasking. Kemudian Blogger juga akan merasa sangat nyaman bekerja dengan gadget ini, terutama jika melakukan kunjungan ke daerah yang belum mendukung jaringan LTE. Dimanapun blogger berada, dalam perjalanan sekalipun, tulisan menarik bisa dipublikasikan segera.
Saya juga seorang blogger, walaupun belum melakoninya secara fulltime. Blogging telah menjadi aktivitas rutin saya di antara kepadatan kerjaan kantor. Berbagi pengalaman, ide, opini serta ulasan dalam bentuk tulisan atau artikel yang saya fikir penting untuk diketahui orang lain. Tentu kita merasakan kebahagian tersendiri, jika tulisan yang kita posting, disimak, dibaca dan dikomentari banyak orang, kendati selama ini hunting peristiwa dilakukan dengan perangkat seadanya.
Blogger memang sangat mengandalkan kinerja multitasking. Dalam waktu yang bersamaan seorang blogger harus terus mengupdate informasi terbaru, sambil tetap menuliskan artikel yang siap dipublish di laman blog. Dengan jaringan 4G bisa dipastikan menyelesaikan 3 artikel tulisan per hari dan mempublikasikannya bukanlah hal yang sulit karena jaringan yang internet yang tanpa batas. Begitu juga ketika berlomba Live Tweet, Pic Tweet dan kompetisi yang membutuhkan kecepatan publish/posting. Kemudian tak jarang blogger dihadapkan pada “masalah kecil” saat file harus dipindah-pindahkan dari satu gadget ke gadget yang lain. Ide penulisan kadang-kadang muncul begitu saja, dan jika tidak cepat-cepat direkam ke dalam gadget juga bisa menguap begitu saja. Saat situasi dan kondisi sudah mendukung barulah draft tulisan digodok pada komputer.  
PureShot dan PureShot+ dapat dihubungkan dengan gadget lain melalui bluetooth, Wifi dan microUSB, sehingga tidak ada masalah untuk mobilitas file kerja. Dan dapat menjadi portable hotspot sehingga dapat digunakan untuk menyambungkan perangkat lain ke jaringan internet. Singkat kata, dengan PureShot dan PureShot+ dalam genggaman, kita para blogger dapat memaksimalkan aktivitas yang multitasking, merekam peristiwa, mencari bahan tulisan, upload materi, gambar dan mengolahnya serta berbagi kepada dunia dengan super cepat. Untuk media penyimpanan seperti yang dibutuhkan para blogger, maka Hisense sebagai produsenya menjawab dengan kapasitas 16 GB internal storage dan bisa tambah eksternal (card slot microSD) hingga 128 GB. Apalagi pekerja seperti saya yang sering menjadikan gadget sebagai media penyimpanan dan pengolahan data saat sedang berada di luar kantor, tentu dengan kapasitas memori sebesar itu sangat berarti buat saya. Jadi tak ada keraguan lagi bagi saya dan semua kebutuhan blogger terpenuhi.
Apresiasi setinggi-tingginya kepada Hisense yang telah meluncurkan PureShot dan PureShot+ bersamaan dengan rilis handset anyar 4G LTE-nya untuk membantu masyarakat merasakan kenyamanan teknologi internet dengan budget terjangkau. PureShot dan PureShot+ mampu menjawab akan kebutuhan kita semua termasuk para blogger.
Kesimpulan
Dari segi teknologi smartphone, Hisense merupakan salah satu yang terdepan di Tiongkok. Kehadiran Smarphone PureShot dan PureShot+ dari Hisense ini tentu saja merupakan angin segar bagi banyak masyarakat yang membutuhkan smartphone dengan performa tinggi dan internet yang cepat tanpa harus merogoh kocek yang terlalu dalam. Hisense memang paling mengerti kebutuhan para pengguna smartphone khususnya para peselancar dunia internet. Dilengkapi kamera yang bisa buat selfi, Hisense juga cukup paham akan kebutuhan selfie yang disukai masyarakat Indonesia atau kondisi pasar tanah air yang mendambakan smartphone selfie berkualitas tinggi.
PureShot dan PureShot+ yang menggunakan prosesor canggih Snapdragon 415 Octa core 64 bit ini disiapkan untuk tipe orang aktif dengan data penting yang urgent untuk diolah dan di-share ke pihak penting lainnya. Atau tipe orang dengan segudang kreatifitas di kepala yang memerlukan perangkat yang mampu menyalurkannya. Atau bisa juga sebagai “teman penghibur” yang menemani aktivitas hari-hari dan traveling kita ke berbagai tempat. Jadi rasanya sangat cocok berada digengaman terutama para blogger selain para pencinta gadget, fotografer, traveler hingga sosmed lover.
Tidak salah kalau saya memilih Hisense PureShot dan PureShot+ menjadi smartphone yang wajib dimiliki karena kemampuannya yang mumpuni. Siapapun anda, tua muda, kalangan atas atau bawah mempunyai kesempatan sama untuk memiliki smartphone mewah nan canggih ini.
Siapkah kita semua berinternet super cepat dan kerja makin menyenangkan bersama Hisense PureShot dan PureShot+

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Visit Tidore Island - Destinasi yang Cocok Saat Liburan Sekolah dan Bagi yang Patah Hati

Aetra Save Our Water For The Next Generation

Pengelolaan Hutan di Kawasan Ekosistem Leuser, Antara Kenyataan, Harapan dan Langkah Penting