Maha Daya Dari Lahirnya SAMSUNG GALAXY S7

Produsen telepon seluler (Ponsel) dunia saat ini terus berlomba-lomba mengembangkan teknologi Terbaru yang mendukung kinerja perangkat dan tidak melulu mengandalkan keindahan desain belaka. Samsung sebagai salah satu produsen ponsel terkemuka di dunia tentu sangat memperhatikan hal tersebut. Pada tanggal 22-25 Februari 2016 lalu bertempat di gelaran Mobile World Congress (ajang MWC), Barcelona, Spanyol, produsen ponsel terbesar sejagad tersebut memperkenalkan gawai terbarunya: SAMSUNG GALAXY S7 (Galaxy S7 dan Galaxy S7 edge) yang mengusung teknologi paling anyar dan menjanjikan kinerja yang jauh lebih baik melalui acara bertajuk Samsung Galaxy Unpacked 2016.


Pada acara spektakuler yang dihadiri lebih kurang 1000 orang tersebut, tak sekedar disajikan perkembangan salah satu produk andalan Samsung itu dari tahun ke tahun, namun juga inovasi sensasional yang menjadi nilai tambah SAMSUNG GALAXY S7 sebagai penerus Galaxy dalam menghadapi persaingan ketat dengan pesaingnya di masa kini seperti yang terlihat pada video berikut ini.

“Dari generasi pertama hingga generasi ketujuh ini, Samsung selalu berinovasi,” ujar D.J Koh, President Mobile Communication Business Samsung saat acara berlangsung.

“Samsung juga berusaha mendengar keinginan konsumen sehingga selalu ingin menjadi pioneer dalam hal teknologi mobile. Kami selalu berambisi dalam hal inovasi dan menjadi pioneer,” tambah D.J Koh saat merilis produk tersebut.

Samsung Galaxy S7 dan S7 edge lahir memenuhi kebutuhan gaya hidup urban modern yang super sibuk. Serbuan informasi, konektifitas internet yang tak pernah putus , Akses data yang harus dikirim hingga kebutuhan hiburan disela sela kesibukan. Phablet yang dirilis pada tanggal 18 Maret ini saya yakin akan menyihir para gadget freak di Indonesia dan sudah selayaknya generasi penerus ini jauh lebih spektakuler, lebih berkilau dan berkibar. Gak percaya anda bisa melihat seputar Updates-nya Di Sini.
Yup!! Samsung Galaxy S7 dan S7 edge hadir untuk penggila gadget dengan segala keunggulannya akan membuat anda ingin memilikinya. Bagaimana dengan saya? Mengapa saya ingin sekali mempunyai SAMSUNG GALAXY S7? Faktor yang pertama kali saya perhatikan adalah Spesifikasi desain yang dimiliki Samsung Galaxy S7 dan S7 edge.

[DESAIN]. Pertama kali saya menggenggam SAMSUNG GALAXY S7 saat saya datang di salah satu Gerai Samsung di ibu kota, saya merasakan pengalaman yang berbeda. Semua itu dikarenakan bentuknya yang simpel, elegan dan futuristik membuat saya jatuh hati. Bagi saya yang memiliki tingkat mobilitas cukup tinggi dan hampir 70 % pekerjaan dikerjakan diluar kantor/ruangan Galaxy S7 rasanya cocok berada digenggaman. Selain itu body-nya yang slim dan bagian belakang Samsung Galaxy S7 di desain melengkung (curve) sehingga tidak mengganjal ditangan saat di genggam.

                                                                   (www.phonearena.com)
Dengan dimensi yang hampir mirip dengan pendahulunya seperti Galaxy S6 yang berukuran 143.4 x 70.5 x 6.8 mm dan bobotnya 138 gram dan Galaxy S6 Edge yang memiliki dimensi 142.1 x 70.1 x 7 mm dengan berat 132 gram. Sedangkan Galaxy S7 yakni 142.4 X 69,6 X 7,9 mm dan, 146,4 x 69,6 x 7,9 mm pada Galaxy S7 edge, sedikit lebih tipis namun lebih berat, memiliki bobot hanya 152 gram. Memiliki layar berukuran 5,1 inci Quad HD Super AMOLED pada Galaxy S7 dan 5,5 inci Quad HD Super AMOLED Edge pane pada Galaxy S7 edge. Quad resolusi QHD 2560 X 1440 pixel atau setara 577 pixel per inci (PPI) pada Galaxy S7 dan 534 pixel per inci (PPI) pada Galaxy S7 edge. Tampilan ciamik akan kita dapati dilayar phablet karena menggunakan teknologi Super AMOLED dan Water Resistance IP68.
Perbandingan spesifikasi SAMSUNG GALAXY S7 (arenalte.com)

Dengan Teknologi super AMOLED. Tampilan gambar, grafis dan video akan terasa hidup dan menakjubkan. Saturasi warna jauh lebih detail, tersedia pilihan tingkat kecerahan layar yang paling sesuai dengan kepentingan pengguna. Modus tampilan adaptif video memberikan pengalaman yang berbeda dan mengasyikan ketika menikmati tampilan bergerak. Bagi saya mode tampilan foto dan video sangat membantu dalam melihat jenis hama, jamur pada tanaman hingga tanaman abnormal. Warna warna cerah alami dengan detail yang mampu di tangkap pada sudut terkecil dan tersembunyi.
Super AMOLED Display membuat layar SAMSUNG GALAXY S7 mempunyai kemampuan untuk menyesuaikan warna dan kecerahan dengan keadaan sekitar, contohnya ketika saya sedang berada diluar kantor kemudian ada pesan masuk, dibawah teriknya sinar matahari saya tidak bisa melihat sama sekali layar di smartphone saya, berbeda dengan Galaxy S7 dan Galaxy S7 edge yang telah dibekali dengan Super AMOLED Display, kontras cahaya akan menyesuaikan dengan terangnya sinar matahari, walaupun saya berada dibawah teriknya sinar matahari, layar Galaxy S7 dan Galaxy S7 edge tetap terlihat jelas karena memiliki teknologi Adapptive Display dan cahaya yang dihasilkan pun akan lebih natural.
Kemudian kemampuan Water Resistance IP68 SAMSUNG GALAXY S7 yang kedap air dan tahan debu sangat berharga buat saya yang kadang tidak menyangka kalau ponsel bisa saja tiba-tiba terjatuh dalam perjalanan ataupun terkena hujan. Hal tersebut dimungkinkan dengan Ingress Protection (IP 68) yang berarti tahan terhadap partikel debu dan air di kedalaman  sekitar 1,5 meter selama 30 menit. Sehingga saat SAMSUNG GALAXY S7 terkena kotoran, kita dapat juga membilasnya pada air keran hingga bersih kembali.
Jadi Phablet tipis dan berlayar lebar ini memang ergonomis di genggaman. Memudahkan untuk dibawa kemana saja dengan berbagai kondisi cuaca dan akan membantu kita ketika menggunakannya untuk berbagai keperluan, kapan dan dimana saja.
Tampilan fisik SAMSUNG GALAXY S7 memang didesign dengan ketelitian mumpuni. Lekuk pada bezel phablet memungkinkan tampilan menjadi berbeda selain enak digenggam, terlihat lebih elegan dan mewah. Sangat mendukung para Fashionista yang biasa bergaya stylis.
Untuk ketahanan, layar kaca dilapisi teknologi dari Corning-Gorilla Glass 5. Jadi tak usah khawatir untuk ketahanan layar. Kalaupun layar tak sengaja diduduki atau tertekan , layar kaca mampu menahan bobot hingga 40 Kg. Kemampuan daya tahan Gorilla Glass versi terbaru ini layaknya baja yang super keras.
Saya sering kali menyimpan smartphone di tas dan saku celana, dan tidak jarang smartphone saya tergores entah itu oleh kunci motor atau benda lainnya yang ada di dalam tas dan saku. SAMSUNG GALAXY S7 yang telah didesain dengan bahan metal dan glass, serta dilapisi juga dengan Gorilla Glass 5 tersebut, apabila disimpan ke dalam tas atau saku, saya tidak perlu khawatir akan tergores. Gorilla Glass 5 merupakan seri tertinggi yang dimiliki oleh Gorilla Glass.
Untuk pekerjaan luar ruangan memang dibutuhkan phablet dengan konstruksi yang tangguh. Material SAMSUNG GALAXY S7 menggunakan bahan metal dan glass berkualitas tinggi (Frame metal Cover Glass). Metal yang digunakan pada bodynya ini adalah metal yang sama pada pesawat antariksa, membuat ponsel ini terlihat lebih ringan namun sangat kokoh dan elegan plus beberapa pilihan warna memikat yaitu Black Onyx, Gold Platinum dan Silver Titanium. 

[CHARGING/PENGISIAN/DAYA TAHAN BATERAI]. Masalah baterai bagi saya adalah bagian yang cukup penting, karena saya sering sekali kehabisan baterai di saat penting, misalkan ketika berkomunikasi via telepon dengan klien atau teman kerja. Selain itu kegiatan yang menumpuk dan seringnya phablet bekerja multitasking membuat phablet yang sering kita gunakan kehilangan daya disaat kita butuh. Apalagi di era digital yang semuanya memerlukan peran akses internet. Jaringan internet yang kadang tidak stabil akan meminta tenaga ekstra pada baterai. Semuanya tak akan menjadi kendala serius bagi Galaxy S7 dan S7 edge karena kapasitas baterai yang dimiliki masing-masing mencapai 3000 mAh dan 3600 mAh dengan waktu stand by hingga 3 hari dengan fitur fast charging. Besarnya kapasitas baterai mengingat banyaknya kerja yang bisa dilakukan generasi Galaxy ini. Kerja multitasking tentu meminta tenaga baterai yang cukup besar. Belum lagi bentang layar 5,2 inci dan 5,5 inci yang pastinya menyerap tenaga cukup besar. SAMSUNG GALAXY S7 menggunakan baterai jenis Li-ion yang tertanam di dalam body phablet.


Baterai SAMSUNG GALAXY S7 dirancang sangat cepat terisi, Teknologi Fast Charging yang dimiliki S7 mampu mengisi dari titik 0% hingga Full 100 % dalam rentang waktu 90 menit. Kemampuan ini digadang gadang 2,5 kali lebih cepat dibanding beberapa pesaing di kelasnya. Kalaupun sedang terdesak karena waktu yang sempit, cukup charge 10 menit , baterai masih bisa digunakan hingga 4 jam pemakaian. Biasanya ketika kita berada di ruang publik yang menyediakan daya listrik untuk men-charge seperti di bandara atau stasiun. Waktu yang kita miliki biasanya tidak terlalu banyak. Jadi fast charging sangat membantu aktifitas kita agar tak mati gaya. SAMSUNG GALAXY S7 dibekali pengisian wireless charging yang tak perlu repot menggunakan kabel. Cukup letakkan saja diatas alat pengisian daya nirkabel. Jadi Tak perlu kuatir kehilangan momen cuma gara gara low-batt.
Apalagi S7 dirancang kompetibel dengan semua jenis wireless charging baik yang menggunakan teknologi WPC (Wireless Power Consortium) maupun PMA (Power Matter Aliance). Kedua teknologi ini merupakan standar pengisian daya nirkabel yang banyak digunakan di dunia.


[KAMERA].Teknologi pada kamera adalah sisi keunggulan SAMSUNG GALAXY S7. Kamera utama berkekuatan 12 MP dan kamera depan 8 MP. Dengan membenamkan kekuataan Dual Pixel BRITECELL, Led Flash, Autofocus, Optical Image stabilization (OIS) dan Apertur yang dimiliki f/1,7, mampu mengambil gambar dalam kaadaan kurang cahaya (low light) atau kelebihan cahaya (over light), serta mampu menangkap objek-objek kecil secara detail dan tajam. Mengusung teknologi Optical Image stabilization agar gambar yang dihasilkan jadi tajam, tidak blur alias kabur.
Galaxy S7’s camera is the highlight of the new phone ( indianexpress.com ) 
Untuk memanggil fungsi kamera hanya dibutuh 0,7 detik dan hanya perlu melakukan dua kali tap pada icon home. Fungsi kamera langsung on. Dan momen penting tak akan terlewat. Bagi penggemar selfie. Kamera depan S7 memungkinkan mengambil objek gambar dalam sudut lebar. Artinya semakin banyak objek yang dapat di capture. Untuk mengaktifkan timer kamera ,sensor menggunakan gerak tubuh. Tak perlu menggunakan lambaian tangan, yang kadang membuat orang lupa menurunkan tangan.
Kemudian adanya filter kamera, saya tidak perlu lagi menginstall aplikasi untuk keperluan edit foto, karena SAMSUNG GALAXY S7 mempunyai filter yang sangat banyak yang cocok sekali bagi saya pecinta fotografi.
Dengan kamera utama sebesar 16 MP/F1.7, Galaxy ini juga digunakan untuk merekam video secara interaktif, diantaranya bisa digunakan untuk collage video. Mengambil atau merekam video aktivitas kita menggunakan S7 menjadi jauh lebih keren. Video 4K dengan kualitas HD 2160p@30fps, 1080p@60fps dan 720p@240fps. Dengan fitur ini, kita bisa membuat video dalam (maksimal) empat video yang berbeda dalam satu frame yang dapat diputar dalam waktu bersamaan. Lalu dengan fitur optical stabilization memungkinkan gambar tidak blur/tidak jelas tapi jernih dan tajam . Digadang gadang kamera S7 dinilai jauh lebih baik dari yang dimiliki saudara terdekatnya Samsung Galaxy S6 dan S6 edge.
Ada beberapa Fitur yang membuat saya sangat takjub dan penasaran pada SAMSUNG GALAXY S7 ini adalah teknologi fitur layar ”Always On Display“ salah satu teknologi fitur yan cukup ditonjolkan dari generasi Terbaru Galaxy S7 dan S7 edge, yang memungkinkan Layar pada SAMSUNG GALAXY S7 akan selalu menyala meski dalam keadaan stanby atau tidak aktif yang menampilkan tanggal, waktu/jam dan notifikasi seperti pesan dan panggilan masuk. Jadi fitur ini cukup cerdas, secara otomatis menonaktifkan ketika smartphone disimpan di saku atau tas, dan saat smartphone menghadap ke bawah atau ketika baterai habis.
Fitur Always On Display, yang menampilkan notifikasi, jam dan tanggal saat smartphone tidak aktif (swgtech.wordpress.com)

“Tasks Edge” salah satu fitur dengan menciptakan akses yang cepat ke aplikasi favorit atau kontak kita. Semua yang kita butuhkan dengan cepat ada di Task Edge. Cukup sentuh pada layar edge untuk melakukan panggilan, SMS atau email. Dengan notifikasi kode warna inovatif, kita dapat dengan mudah mengetahui siapa yang menelepon, bahkan saat smartphone terbalik. 
Quick Tools” apapun yang kita butuhkan ada pada Quick tools. Fitur yang digunakan untuk mengukur ruang antara meja dan dinding, atau sekedar mencari barang-barang di bawah tempat tidur kita. Layar edge berfungsi untuk merubah layar menjadi penggaris, senter atau kompas. Keren kan!

Customize Your Display” fitur download tema untuk memperindah tampilan layar. Dengan desain yang menarik yang tersedia di Theme Store smartphone, cara lain untuk menambahkan tema yang baru ke layar ke SAMSUNG GALAXY S7. Colokan masih menggunakan micro USB 2.0 dan S7 juga menggunakan teknologi pendingin cairan untuk menghindari terjadinya overheat.

Blogger dan Kebutuhan perangkat Canggih
Bekerja sebagai blogger tentu membutuhkan perangkat smartphone yang handal nan canggih demi mendukung prosesi yang sangat erat dengan dunia maya (online). SAMSUNG Galaxy S7 yang telah menggunakan prosesor Android v6.0 Marsmalow dan mendukung Fitur Multi Network 4G LTE plus CDMA dan GSM jelas-jelas yang sangat membantu profesi dan komunikasi para blogger yang mengandalkan kinerja multitasking. Kemudian Blogger juga akan merasa sangat nyaman bekerja dengan gadget ini, terutama jika melakukan kunjungan ke daerah yang belum mendukung jaringan LTE. Dimanapun blogger berada, dalam perjalanan sekalipun, tulisan menarik bisa dipublikasikan segera.
Kemampuan multitasking SAMSUNG GALAXY S7 digadang gadang takkan mengalami kendala atau hang. Dipersenjatai kecerdasan Chipset Exynos 8990 64-bit, CPU Octa Core 2,3 GHz dan untuk kehandalan grafis ditanam GPU Mali T880MP12 yang akan memberikan sensasi bermain game 3D menjadi luar biasa tentunya. Didukung RAM berkekuatan 4 GB dijamin kinerja Galaxy S7 melampaui kebutuhan dan ekspektasi. Ini sudah saya buktikan dengan membuka banyak sekali aplikasi, lalu ingin membuka aplikasi yang sebelumnya dibuka. Saya cukup men-swipe screen button sebelah kiri untuk melihat dan memilih recent applications yang telah dibuka. Recent apps yang ditampilkan tertata dengan sangat rapi dari yang paling dulu dibuka sampai yang sedang dibuka dan smartphone ini tetap beroperasi dengan normal (tidak lelet) meski ada banyak aplikasi yang sedang running.

Samsung Galaxy S7 dan S7 edge dapat dihubungkan dengan gadget lain melalui bluetooth, Wifi dan microUSB, sehingga tidak ada masalah untuk mobilitas file kerja. Dan dapat menjadi portable hotspot sehingga dapat digunakan untuk menyambungkan perangkat lain ke jaringan internet. Singkat kata, dengan Samsung Galaxy S7 dan S7 edge dalam genggaman, kita para blogger dapat memaksimalkan aktivitas yang multitasking, merekam peristiwa, mencari informasi, upload materi, gambar dan mengolahnya serta berbagi kepada dunia dengan super cepat. Untuk media penyimpanan seperti yang dibutuhkan para blogger, maka Samsung sebagai produsenya menjawab dengan kapasitas 32/64 GB internal storage dan bisa tambah eksternal (card slot microSD) hingga 200 GB. Apalagi pekerja seperti saya yang sering menjadikan gadget sebagai media penyimpanan dan pengolahan data saat sedang berada di luar kantor, tentu dengan kapasitas memori sebesar itu sangat berarti buat saya dan kita semua.

Kemudian pembukaan antar muka menggunakan TouchWiz UI dan tampilan multi jendela dengan gaya Rolodex 3D. Akan tampil dua layar aplikasi dalam satu layar. Dengan kemampuan itu kita bisa melihat dua aplikasi secara bersamaan . Melihat email yang masuk sekaligus melihat pesan whatap dari group. Kemudian lagi saya sebagai seorang blogger yang suka browsing dan dengerin musik, tentu sangat menguntungkan karena, bisa mencari sumber informasi dan inspirasi sekaligus mendengarkan musik. Hal ini sangat membantu pekerjaan saya, membangkitkan mood dan menjalani hari-hari serasa ringan.

Blogger memang sangat mengandalkan kinerja multitasking yang dalam waktu bersamaan juga harus terus mengupdate informasi terbaru. Dengan jaringan 4G bisa dipastikan semua itu bukanlah hal yang sulit karena jaringan yang internet yang tanpa batas. Begitu juga ketika berlomba Live Tweet, Pic Tweet dan kompetisi yang membutuhkan kecepatan publish/posting, SAMSUNG GALAXY S7 sangat mendukung dan handal. Papan bilah (keybords) yang dimiliki sangat adaptif dan sangat nyaman digunakan untuk mengetik. Begitu juga dengan layar berukuran 5,1 inci dan 5,5 inci yang juga memudahkan dalam pengetikan.

Dalam keseharian sebagai blogger yang mewartakan kejadian spontan di kehidupan sehari hari. Dibutuhkan kamera responsif yang hanya butuh 0,7 detik untuk segera on. Lalu akses transfer data yang stabil. Upload gambar dan tulisan yang super cepat. Tak ada keraguan lagi bagi saya. Semua kebutuhan blogger terpenuhi.

Apresiasi setinggi-tingginya kepada Samsung yang telah meluncurkan SAMSUNG GALAXY S7 bersamaan dengan rilis handset anyar 4G LTE-nya untuk membantu masyarakat merasakan kenyamanan teknologi internet dengan budget terjangkau. SAMSUNG GALAXY S7 mampu menjawab akan kebutuhan kita semua, terutama para blogger.

Sisi Lain SAMSUNG GALAXY S7
SAMSUNG GALAXY S7 memang diperuntukan bagi masyarakat urban modern dengan tingkat mobilitas tinggi. Didesain dengan tampilan mewah dengan pilihan-pilihan warna menarik. Flagship besutan Samsung ini membawa teknologi terbaru. Inovasi terbaru yang disematkan membuat  S7 melampaui para pesaing dikelasnya. SAMSUNG GALAXY S7 dilengkapi pemindai sidik jari sebagai password pembuka layar. Namun hal ini akan sedikit merepotkan karena harus menggunakan dua tangan sekaligus. Namun demi keamanan dan privasi sepertinya fitur ini cukup menarik dan cukup berguna. Live Broadcast salah satu fitur menarik yang dimiliki S7 sebagai jembatan informasi langsung kepada orang orang pilihan. Termasuk orang terdekat, keluarga, kerabat dan pasangan.

Beberapa Issu yang terkait SAMSUNG GALAXY S7!
1. Slot SIM 2 dan Slot Memori Card (microSD) tipe hybrid (menyatu) jadi
 tak bisa digunakan secara bersamaan.

2. Tidak di lengkapinya SIM ganda Atu Dual SIM.

3. Baterai tak bisa dilepas / Non Removable, artinya menyatu dengan body,
 sehingga akan cukup menyulitkan ketika akan melakukan pergantian baterai
 ketika baterai rusak.

4. Kamera depan tidak dilengkapi dengan LED Flash, jadi hasil foto
 ditempat kurang pencahayaan kurang maksimal.

5. Belum dilengkapi USB Type C.

6. Belum tersedianya di semua pasaran Indonesi, (pemasarannya terbatas),
 masih pada dealer khusus. 

7. Harganya fantastis, belum sanggup oleh semua lapisan masyarakat.

Lepas dari issu-issu di atas, dengan segala kecanggihan dan kehandalan yang dimiliki, SAMSUNG GALAXY S7 akan menjadi pilihan cerdas pengguna phablet didunia. Walau nilai yang dibanderol cukup mahal, sepadan dengan kecanggihan, kehandalan dan kemewahan yang didapat. Untuk melihat Review kecanggihan, kehandalan dan kemewahannya mari melihat salah satu Dealernya Di Sini. Tiga kata buat S7: Keren, Canggih dan Inovatif. Semoga saya bisa berkesempatan untuk bisa memiliki SAMSUNG GALAXY S7.

Komentar

  1. Balasan
    1. Terima kasih, cuma fotonya ya yang masih terkesan konvensional, aku mau seperti Foto-foto punya bai yagn stylis dan keren abis, Ajarin lah cara buatnya.... hehee,hhe

      Hapus
    2. Ulasannya mantap, lengkap sekali. Yang paling aku suka dari produk terbaru ini saat pengambilan gambar dan video. Hasilnya jernih tanpa ada yang blur dikitpun.

      Hapus
    3. Benar tu Mas Timur Matahari (ehm Nama yg keren ya, Sekeren SGS7) Kameranya emang berkelas banget menjadi salah satu kelebihan yang dimiliki SGS7 (Camera 12 MP (utama) dan 5 MP (depan) support sensor BRITECELL. Tks ats commentnya.

      Hapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Visit Tidore Island - Destinasi yang Cocok Saat Liburan Sekolah dan Bagi yang Patah Hati

Aetra Save Our Water For The Next Generation

Pengelolaan Hutan di Kawasan Ekosistem Leuser, Antara Kenyataan, Harapan dan Langkah Penting